Sejarah Terusan Suez Sebagai Transportasi Laut Tersibuk

Sejarah Terusan Suez sebagai salah satu media transportasi laut yang sangat sibuk dan tentunya terpadat. Nampaknya menjadi salah satu hal penting yang perlu untuk Anda ketahui. Sebagai salah satu bentuk tol laut yang sangat panjang maka keberadaan terusan tersebut memang mempunyai pengaruh tersendiri terhadap pergerakan ekonomi internasional.

Pertimbangan awal yang juga wajib Anda pahami adalah bahwa terusan ini memiliki sejarah yang sangat panjang dan tentunya telah berada pada sisi ekonomi dunia internasional sejak zaman dahulu. Bahkan menurut beberapa data-data yang cukup valid terusan tersebut telah ada sejak ratusan tahun silam. Untuk memahami lebih lanjut maka berikut ini adalah data sejarah terbarukan yang setidaknya bisa Anda perhatikan.

Sejarah Terusan Suez Paling Populer di Dunia

Berikut ini adalah beberapa data-data terbarukan terkait sejarah Terusan Suez serat nampaknya perlu untuk Anda pahami sebagai salah satu khasanah dan keilmuan dalam memperbaiki atau bahkan memperbarui perkembangan ekonomi internasional.

  1. Proyek Besar Pada tahun 1869

    Fakta pertama dari sejarah Terusan Suez adalah didirikan sejak tahun 1869. Dan hal ini menjadi salah satu bukti bahwa ratusan tahun yang lalu atau bahkan hampir dua abad sebelum saat ini kanal yang memang memiliki fungsi ekonomi cukup kuat tersebut telah diprakarsai secara maksimal.

    Menurut beberapa data sejarah pembangunan dari kanal tersebut juga diprakarsai langsung oleh Insinyur yang berasal dari Prancis bernama Ferdinand fikomte. Serta tentunya memiliki perjalanan pembangunan terlama pada zaman dahulu yang menghabiskan waktu sekitar 10 tahun lebih hingga bisa digunakan dan beroperasi kembali.

    Dengan pembangunan pada tahun 1869 tersebut maka teknologi yang digunakan juga berkembang dan tentunya menyesuaikan kebutuhan dan proyeksi jangka panjang pada tahun-tahun yang akan datang.

  2. Telah Beroperasi Sejak Zaman Mesir Kuno

    Perlu untuk Anda ketahui juga bahwa sebenarnya sejarah Terusan Suez ini telah berkembang Jauh sebelum tahun 1869 atau bahkan pada saat masa zaman Mesir kuno. Kanal tersebut sejatinya telah berkembang dan menjadi bagian penting dari kehidupan Mesir kuno atau pada saat kepemimpinan Firaun Mesir 3.

    Hasilnya tentu telah menjadi asumsi terbesar bahwa pembangunan jalur yang menjadi bagian dari transportasi laut tersebut telah berada pada sisi ekonomi cukup luas. Bahkan dalam beberapa abad sebelumnya. Dengan adanya fakta bahwa terusan tersebut telah ada sejak zaman Mesir kuno maka sejatinya pada tahun 1869.

    Terusan ini memiliki proyeksi perbaikan tingkat lanjut untuk penggunaan jangka panjang. Perbaikan pada 1869 ini berada pada sector pembenahan agar kapal laut yang hendak lewat menjadi lebih nyaman.

    Proyek pada tahun 1869 ini juga menjadi salah satu inisiasi penting agar semua transportasi laut dengan kapal-kapal yang sangat besar bisa melaju dan melewati kanal tersebut secara maksimal. Sehingga tanpa adanya waktu cukup lama atau bahkan memotong efisiensi yang terbuang sia-sia.

  3. Melibatkan Lebih dari 30 ribu pekerja

    Sejarah Terusan Suez berikutnya tentu berada pada proyeksi pembangunan yang melibatkan hampir 30.000 lebih bekerja selama kurun waktu 10 tahun. Keterlibatan jumlah pekerja yang sangat banyak ini juga menjadi satu fakta penting mengenai proyek mega besar pada masanya.

    Angka bekerja tersebut tentunya memang sangat besar mengingat jalur laut yang menghubungkan antara dua laut dan dua benua ini memang memiliki panjang sangat besar atau bisa dikategorikan sangat panjang sebagai salah satu media transportasi laut utama dunia saat ini.

    Menurut data terusan ini memiliki panjang sekitar 1093 KM yang menghubungkan antara laut merah dan laut tengah. Perlu untuk Anda ketahui juga dengan melibatkan pekerja sebanyak 30.000 lebih tersebut maka pembangunan kanal yang memprakarsai Jalur laut internasional ini baru selesai pada tahun 1859 tepatnya di bulan April

    Sehingga secara akumulasi meski memiliki pekerjaan sangat banyak dengan teknologi yang masih sangat minim maka tidak heran jika waktu penyelesaiannya sangat lama dan bisa digunakan kembali bahkan hingga saat ini

  4. Jalur Ekonomi Terpadat

    Sejarah Terusan Suez terakhir tentunya tidak bisa dilepaskan dari peranannya sebagai salah satu jalur ekonomi laut internasional. Bahkan jika diumpamakan apabila jalur melalui kanal ini terhambat dalam beberapa hari saja. Maka ada sekitar perputaran ekonomi triliunan rupiah yang terhambat dan tentunya merugikan banyak negara.

    Apalagi sejak awal penggunaan terusan kanal ini memang digunakan oleh beberapa pihak negara dengan berbagai pusat perdagangan beragam serta dengan jumlah yang sangat banyak. Beberapa tahun lalu proyek kanal tersebut terhambat karena ada satu kapal besar dari daerah Asia yang mengalami macet di tengah keterusan kanal tersebut.

    Hasilnya beberapa kapal yang antri terpaksa harus mengalami keterlambatan pengiriman dan tentunya mengalami jumlah dampak kerugian yang sangat besar. Bukti tersebut menjadi salah satu gambaran utama bahwa keberadaan Sejarah Terusan Suez ini memang memiliki fungsi ekonomi yang sangat kuat dari zaman dahulu hingga saat ini.